Skateboard

Skate or die

Vespa

Vespa

BABY MONKEY SKA

This is my band

Low Rider

Low Rider

Fingerboard

Fingerboard

Patra Zena Sakti On Jumat, 18 Januari 2013


Longboard. jenis olahraga baru yang diadaptasi dari surfing dan skateboarding. Konsepnya berangkat dari kekecewaan para pecinta surfing yang tinggal terlalu jauh dari pantai. Meski nggak ada pantai, ide tetap jalan. Nah, papan surfing yang biasa digunakan pada olahraga selancar ini kemudian dimodif agar bisa meluncur di tanah. Meskipun sekilas memang mirip dengan skateboard, kalau diperhatikan lebih jelas lagi akan terlihat perbedaannya. Mulai dari jenis papan hingga teknik permainannya.


INDO Longboard, The Community

Opik, salah satu pendiri INDO Longboard mengungkapkan bahwa olahraga ini sudah mulai diminati masyarakat, meskipun memang belum sefamiliar skateboard. Komunitas yang berdiri 28 Agustus tahun lalu ini sudah mulai banyak merangkul anggota. Berawal hanya dari coba-coba dengan satu board untuk 7 orang, sampai setiap orang punya 2 board sendiri. Kalau mau nengok latihannya, kalian bisa langsung datang ke Gelora Bung Karno tepatnya di pintu 7 setiap hari Selasa dan Kamis.Untuk weekend, kalian bisa cek langsung di TMII setiap Sabtu pagi dan di Car Free Day sekitaran Sudirman dan Semanggi setiap Minggu pagi. 

Januari lalu, INDO Longboard menyelenggarakan event Jakarta Street Bomb, acara pertama bagi para longboarder di Indonesia. Konsep acara ini awalnya hanya sebagai ajang kumpul para longboarder Indonesia, tapi nyatanya respon yang diterima sangat baik. Terbukti dari banyaknya brand ternama yang tergabung sebagai sponsor. Sebut saja dari Quicksilver, Vans, Billabong, dan beberapa brand indie Bandung.

The Skills and The Board


Menurut Tony yang juga dikenal sebagai instruktur skateboard profesional, Longboard memang terkesan lebih mellow, jadi untuk starter pemula bisa lebih mudah. Intinya, biarpun sudah berumur kita masih bisa berolahraga Longboard. "Kalau skate butuh teknik dan skill yg lebih tinggi. Longboard sih lebih santai," ungkap Tony. Papan yang digunakan dalam longboard juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, disesuaikan dengan track-nya. Untuk down hill biasanya menggunakan papan yang lebih panjang. Hindari menggunakan papan pendek di track down hill karena lebih berisiko jatuh. Namun, kalau hanya ingin sekedar bergerak santai di jalan mulus dan rata kita bisa menggunakan papan yang lebih pendek. Dalam longboard juga dikenal beberapa teknik seperti slide, switch, dan dancing atau menari di atas board yang biasanya dilakukan para anggota Longboard Girls Crew Indonesia (LGCI) yang diperuntukkan bagi para longboarder perempuan. 

Try It and Love It!

Tertarik buat gabung? Nggak usah bingung, di komunitas ini nggak ada anggota resmi, jadi siapapun bisa gabung. Datang aja! Buat urbanesian yang memang minat coba olahraga satu ini, para instruktur dan anggota INDO Longboard akan dengan senang hati mengajarkan berbagai teknik dan trik yang menarik. Nggak perlu khawatir dengan masalah board, di sini kalian akan disediakan board sendiri, cukup bawa badan dan niat. Simple, kan? Ayo gabung INDO Longboard!

Sumber : http://garyzblogz.blogspot.com/2012/05/komunitas-longboardaksi-ekstrim-para.html

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Keren baanget nih olahraga yg satu ini, ane sering liat video longboarding yg ekstrim dan mantap abis dah

    BalasHapus
  2. Bang mau ikut komunitasnya dong

    BalasHapus